Minggu, 28 Juli 2013

Beberapa Tips Unik Renovasi Rumah 2 Ala Tim Mitralka

Beberapa Tips Unik Renovasi Rumah 2 Artikel persembahan Tim Mitralka, “Beberapa Tips Unik Renovasi Rumah 2” ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, “Beberapa Tips Unik Renovasi Rumah 1”, yang mengetengahkan beberapa tips renovasi rumah dan perbaikan rumah berdasarkan email klien yang kami terima. Kami persilahkan anda menikmatinya;


Beberapa Tips Unik Renovasi Rumah 2


3. Pastikan setiap detail renovasi rumah anda sudah tercakup dan tertulis dalam perjanjian hitam di atas putih (Kontrak Kerja) sebelum anda menanda tanganinya. Hal ini akan menghemat waktu, menghemat biaya renovasi rumah dan dapat membuat pekerjaan renovasi rumah anda berjalan dengan lancar.


4. Bila ada suatu hal yang tidak anda sukai pada saat pengerjaan berlangsung, jangan membicarakan langsung atau menegur langsung ke tukang yang sedang bekerja. Hal ini akan menyebabkan terganggunya konsentrasi pekerja dan akan berpengaruh pada hasil pekerjaannya. Lebih baik bicarakan kepada atasannya atau pimpinan yang memiliki wewenang terkait dengan pekerjaan renovasi rumah anda.


5. Pastikan anda menyisakan cat dinding secukupnya untuk keperluan perbaikan-perbaikan cat kecil nantinya dan sebagai dokumentasi contoh warna dan jenis cat yang anda gunakan di setiap ruangan. Pada suatu saat nanti bila diperlukan perbaikan cat, belum tentu anda akan dapat mengingat jenis dan warna cat yang tepat seperti semula.


6. Bersiaplah untuk membuat beberapa keputusan krusial, mulai dari, misalnya, pegangan / handle pintu, handle cabinet, kran, dll. Diakui atau tidak, banyak pemilik rumah yang kecewa di belakang hari karena keliru dalam mengambil keputusan di awal. Mulanya memutuskan menggunakan material dan komponen ‘standar’ yang berharga ‘murah’ namun ternyata tidak tahan lama, dan anda harus keluar biaya renovasi rumah dua kali pada akhirnya untuk menggantinya dengan yang berkualitas lebih baik. Jangan berkompromi dengan kualitas material dan komponen, lebih baik keluar biaya ‘agak mahal’ di awal daripada terjadi keluar biaya ‘sangat mahal’ pada akhirnya.


7. Pastikan kontraktor rumah, pemborong bangunan, atau tukang renovasi rumah yang mengerjakan renovasi rumah anda selalu membersihkan sisa-sisa pekerjaannya setiap hari, agar kotoran sisa pekerjaan tidak menumpuk. Bila dibiarkan menumpuk, pada saat pembersihan akhir hampir selalu kotoran sisa pekerjaan tidak bersih sempurna dan kitalah sebagai pemilik rumah yang harus menanggung sisanya.


8. Tips terakhir dari beberapa tips unik renovasi rumah 2 ini adalah JANGAN MELAKUKAN PEMBAYARAN AKHIR SEBELUM SEMUA PEKERJAAN SELESAI LENGKAP HINGGA HAL YANG TERKECIL SEKALIPUN. Sebelum melakukan pembayaran akhir, lakukan inspeksi bersama dengan pimpinan kontraktor rumah, pemborong bangunan, atau tukang renovasi rumah, perhatikan dan beri nilai semua item pekerjaan yang tercantum dalam kontrak kerja. Dan jangan lupa mintalah jaminan (garansi) untuk beberapa bulan kedepan.


Demikian beberapa tips unik renovasi rumah 2 yang disusun berdasarkan email klien yang diterima Tim Mitralka, semoga membantu.


 



Beberapa Tips Unik Renovasi Rumah 2 Ala Tim Mitralka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar