Sabtu, 27 Juli 2013

Tips Trik Perbaikan Rumah Jelang Lebaran 2 | Ala Tim Mitralka

tips trik perbaikan rumah jelang lebaran Artikel Tips Trik Perbaikan Rumah Jelang Lebaran 2 Ala Tim Mitralka ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, Tips Perbaikan Rumah Jelang Lebaran 1, yang mengetengahkan beberapa tips praktis bagi Anda yang ingin melakukan renovasi rumah dan perbaikan rumah, demi menghadirkan rumah yang prima dan indah dipandang dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri (Lebaran).


Silahkan meneruskan membaca artikel Tips Trik Perbaikan Rumah Jelang Lebaran 2 ini.


Tips Trik Perbaikan Rumah Jelang Lebaran 2 : Perbaikan Atap Bocor


Kita tentu tidak ingin mengalami pada saat ada tamu di rumah kita kemudian terjadi hujan deras dan ternyata rumah kita bocor hingga airnya merembes plafond bahkan hingga membasahi lantai.


Oleh karena itu, perbaikan atap bocor menjadi prioritas kita yang pertama, dan berikut ini tips trik perbaikan rumah jelang lebaran yang terkait perbaikan atap bocor:


  1. Periksa penutup atap (genteng). Bila ada yang bergeser segera kembalikan ke posisinya semula sedangkan bila ada yang pecah atau retak segera ganti dengan penutup atap yang sejenis bahkan kalau bisa satu merek, untuk menghindari kemungkinan pemasangan kembali yang tidak sesuai (tidak pas) yang dapat berakibat adanya celah (kerenggangan) antara penutup atap lama dengan yang baru.

  2. Periksa bagian bubungan/nok dan karpusan. Bila ditemukan keretakan segera tutup/tambal dengan acian dan setelah kering dapat dilapisi dengan aquaproof (waterproofing).

  3. Periksa bagian talang. Bila terbuat dari dak beton, periksalah kemungkinan adanya titik-titik sumber kebocoran baik berupa keretakan atau celah-celah rembesan lainnya dan lakukan perbaikan sementara dengan cara menambalnya dengan semen ataupun cairan khusus penambal beton kemudian dilapisi dengan aquaproof (waterproofing). Sedangkan bila terbuat dari seng atau pvc anda bisa menambalnya sementara dengan gabus (Styrofoam) yang direndam dalam minyak tanah atau bensin hingga menjadi semacam bubur (lihat artikel "Cara Cepat Mengatasi Talang Bocor").

Tips Trik Perbaikan Rumah Jelang Lebaran 3 : Cat Ulang


  1. Sebelum mulai mengecat, periksa dinding bagian luar (eksterior) maupun bagian dalam (interior). Bila ditemukan keretakan dinding, perbaiki dengan cara mengupas plesteran pada bagian yang retak selebar 5 cm. Kupas plesteran dengan masin pemotong atau pahat besi, bila memungkinkan gunkan mesin pemotong agar hasil kupasan dan tambalannya lebih bagus dan rapih. Setelah terkupas, tambal dengan adukan semen dan pasir kemudian dilanjutkan dengan acian. Baru kemudian dilakukan cat ulang dinding yang telah diperbaiki.

  2. Untuk dinding yang mengalami rembes air, bila mungkin cari tahu penyebab rembesan dan perbaiki. Bila penyebab rembesan tidak diketahui, untuk sementara bersihkan bagian dinding yang rembes dan lapisi dengan cat alkali (cat dasar) sebelum dilakukan cat ulang dinding yang rembes.

  3. Perhatikan jenis cat tembok yang digunakan, jangan sampai tertukar antara cat eksterior dengan cat interior. Sedangkan untuk teknik pengecatan yang baik silahkan lihat artikel "Cara Mengecat Rumah Ala Profesional (Bag. 1)" dan "Cara Mengecat Tembok Rumah Ala Profesional (Bag. 2)"

Demikian tips trik perbaikan rumah jelang lebaran yang dapat kami sampaikan yang didasarkan pada keluhan-keluhan terbanyak yang ditanyakan oleh klien-klien kami, semoga dapat membantu mengatasi masalah kerusakan rumah kebanggaan Anda.



Tips Trik Perbaikan Rumah Jelang Lebaran 2 | Ala Tim Mitralka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar