Rabu, 14 Agustus 2013

Cara Mencegah Agar Cat Eksterior Tidak Cepat Rusak

cara mencegah cat eksterior tidak cepat rusak Tim Mitralka  - Bila Anda sedang membangun rumah atau renovasi rumah sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara mencegah agar cat eksterior tidak cepat rusak, karena tentunya Anda tidak ingin rumah kebanggaan Anda yang sudah dicat rapih dan indah dipandang mata ternyata keindahannya tidak bertahan lama. Seiring dengan berjalannya waktu, bagian luar (eksterior) rumah Anda akan sering didera cuaca yang tidak bersahabat, panas yang menyengat maupun hujan, kikisan debu, dan lain-lain, hingga  terjadi pengelupasan pada sebagian lapisan cat eksterior atau terjadi perubahan warna cat eksterior yang membuat rumah Anda kelihatan kusam dan tidak terlihat lagi keindahannya yang semula Anda bangga-banggakan.


Lalu bagaimana cara mencegah agar cat eksterior tidak cepat rusak agar keindahan rumah Anda lebih tahan lama dan makin membuat Anda bangga memilikinya?


Cara Mencegah Agar Cat Eksterior Tidak Cepat Rusak


Sebenarnya banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencegah cat  eksterior rumah Anda tidak cepat mengalami kerusakan, dan sebagaimana judul artikel ini; “Cara Mencegah Agar Cat Eksterior Tidak Cepat Rusak”, kita hanya akan membahas mengenai “Pencegahan” yang berarti hal yang harus dilakukan sebelum terjadi kerusakan. Sedangkan mengenai cara memperbaiki cat yang sudah mengalami kerusakan akan dibahas dalam artikel selanjutnya, “Cara Memperbaiki Cat Eksterior Yang Rusak”, yang akan datang.


Pencegahan pertama, perhatikan jenis cat yang akan dipakai


Cara mencegah agar cat eksterior tidak cepat rusak yang pertama adalah pemilihan jenis cat. Cat dinding terdiri dari dari berbagai macam jenis/type yang harus disesuaikan dengan penggunaannya. Cat eksterior berbeda dengan cat interior, dimana cat eksterior sengaja dibuat untuk diaplikasikan pada pengecatan dinding luar rumah dan diproduksi dengan kandungan bermacam bahan yang dirancang awet dan lebih tahan terhadap air hujan, panas, maupun kondisi cuaca ekstrem lainnya, sehingga sangat cocok untuk digunakan di bagian luar rumah / ruangan. Jangan sekali-kali menggunakan cat interior untuk digunakan di luar ruangan bila Anda tak ingin cepat menyesal di kemudian hari.


Pencegahan kedua, kualitas dan kondisi cat yang akan dipakai.


Cara mencegah agar cat eksterior tidak cepat rusak yang kedua adalah memastikan kualitas cat. Perhatikan kondisi cat yang akan dipakai, bila cat menggumpal dan sulit untuk diaduk, hal ini disebabkan oleh cara penyimpanan yang tidak benar baik pada saat masih tersimpan di toko atau sudah pernah tersimpan lama di rumah, misalnya lama disimpan dalam ruangan yang terlalu panas atau dingin. Penggumpalan cat juga bisa disebabkan oleh kesalahan dalam tahap produksi atau istilahnya “cacat produksi” sehingga bisa ditukarkan ke toko atau produsen untuk mendapatkan cat penggganti yang lebih baik. Selain itu ada pula cat yang berbau tidak enak (busuk) yang disebabkan oleh kemasan yang tidak sempurna (ada kebocoran) sehingga ada bakteri yang masuk kedalam cat.


Cat yang sudah dalam keadaan rusak sebelum dipakai, umumnya akan berakibat berkurangnya daya tahan cat yang sudah diaplikasikan. Contoh yang sering terjadi adalah warna cat yang lekas pudar atau kusam.


Pencegahan ketiga, pastikan dinding yang akan dicat kering, bersih, bebas dari kotoran.


Bersihkan dan keringkan dinding yang akan dicat, pastikan tidak ada kotoran dan noda yang menempel pada dinding yang akan dicat. Kotoran maupun debu yang menempel akan membuat permukaan lapisan cat yang kasar dan kurang dapat menempel sempurna pada dinding, demikian pula noda, khususnya noda yang mengandung minyak, akan menghalangi cat untuk dapat menempel sempurna dan beresiko cat akan cepat mengelupas.


Struktur bangunan juga mempengaruhi, struktur bangunan yang tidak kuat sehingga terjadi keretakan tembok, akan mengakibatkan terjadinya pengelupasan lapisan cat dan terjadinya penjamuran pada lapisan acian semen.


Pada dinding yang sebelum dicat sering terkena air atau lembab, berpotensi menyimpan benih-benih jamur yang bila tidak dibasmi kelak akan mengakibatkan cat berjamur (timbul noda-noda karena jamur). Untuk mengatasinya, sebelum dicat, bersihkan dinding kemudian siram dengan air kaporit ke permukaan dinding yang akan dicat untuk mematikan benih/bibit jamur.


Pencegahan keempat, teknik dan cara pengecatan.


Cara mencegah agar cat eksterior tidak cepat rusak yang terakhir adalah teknik dan cara pengecatan. Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca Aturan Pakai dan Tata Cara Pengecatan yang tertera pada kemasan cat. Perhatikan baik-baik dan ikuti dengan seksama segala petunjuknya untuk menghindari kesalahan dalam mengecat, seperti misalnya; langsung mengecat dengan lapisan tebal padahal dalam kemasan tertulis anjuran untuk mengecat dengan lapisan tipis terlebih dahulu baru kemudian menjelang kering dilapis lagi agar hasilnya sempurna.


Selain itu pengecatan yang dilakukan pada saat acian belum kering sempurna, juga berpotensi merusak lapisan cat karena ada semacam udara atau hawa panas yang keluar dari campuran semen dan terjebak di bawah lapisan cat hingga membuat cat terangkat/menggelembung bahkan terkelupas.


Demikian tips cara mencegah agar cat eksterior tidak cepat rusak yang didasarkan pada pengalaman selama ini dan kami harap dapat membantu Anda mewujudkan rumah indah kebanggaan Anda.


 


Sumber: Dari berbagai sumber


Mitralka | Jasa renovasi rumah, bangun rumah dan jasa perbaikan rumah


Cara mencegah agar cat eksterior tidak cepat rusak



Cara Mencegah Agar Cat Eksterior Tidak Cepat Rusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar