Minggu, 04 Agustus 2013

3 Jenis Perbaikan Rumah Sendiri Yang Harus Diketahui Pemilik Rumah

perbaikan rumah sendiri Banyak pemilik rumah yang merasa berat bila harus melakukan pekerjaan perbaikan rumah sendiri, dengan anggapan bahwa mereka tidak memiliki keterampilan dan khawatir akan makin memperburuk keadaan kerusakan rumahnya.


Melihat kenyataan bahwa tidak semua penyedia jasa perbaikan rumah bersedia mengerjakannya, sebenarnya ada banyak pekerjaan perbaikan rumah yang dapat Anda coba lakukan sendiri.


Jika Anda dapat mengerjakan perbaikan rumah sendiri, kenapa tidak?, Disamping Anda akan dapat menghemat pengeluaran untuk membayar biaya perbaikan rumah, Anda juga akan dapat menikmati kepuasan dan kebanggaan tersediri yang hanya Anda yang dapat merasakannya.


Beberapa Perbaikan Rumah Sendiri Yang Dapat Anda Lakukan


Pengecatan dinding


Bentuk paling sederhana dari pekerjaan renovasi rumah atau perbaikan rumah sendiri yang dapat Anda lakukan adalah mengecat ulang dinding rumah. Sebenarnya tidak ada alasan bahwa Anda tidak bisa melakukan pekerjaan pengecatan skala kecil yang dilakukan sendiri. Warna cat yang sesuai dapat Anda cari di setiap toko bahan bangunan terdekat, dan pihak toko bangunan di sana dapat membantu Anda memilih atau mencampur/mengoplos cat yang Anda inginkan. Setelah cat diperoleh, Anda hanya perlu beberapa alat bantu standar, yaitu, sebuah roller cat, sikat persegi, sikat potong, kain lap, dan plester/isolasi berbahan plastik plastik atau lakban untuk pengecatan. Untuk pekerjaan pengecatannya sendiri pada dasarnya tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan ketelitian dan kesabaran, serta sedikit ketrampilan. Untuk cara dan teknik mengecat yang baik silahkan Anda lihat di artikel kami sebelumnya;


Perbaikan pipa


Perbaikan rumah sendiri sederhana yang siapa pun bisa melakukannya adalah perbaikan pipa atau keran pada instalasi pemipaan air bersih maupun air limbah dapur, kitchen sink, atau kamar mandi, (bukan dari kloset atau septic tank). Mengganti sebuah keran yang bocor atau memperbaiki pipa saluran kitchen sink yang tersumbat, tidaklah terlalu sulit dan hanya membutuhkan beberapa peralatan yang sederhana seperti obeng, kunci pas, dan kunci pipa bila diperlukan.


Perbaikan Atap


Mengganti genteng yang retak atau pecah, melapisi dak talang dengan cairan waterproof adalah pekerjaan yang mudah yang dapat Anda lakukan sendiri. Yang diperlukan hanyalah niat, waktu luang dan kerelaan untuk berpanas-panas ria, maklum, lokasinya yang terletak di atap tentunya mengharuskan Anda untuk “berani menantang matahari”, kecuali jika Anda mengerjakannya di malam hari.


Untuk mengganti genteng yang retak atau pecah, Anda hanya perlu membeli beberapa buah genteng yang sama (kalau bisa satu type dan satu merek) kemudian bisa langsung Anda ganti sendiri.


Untuk perbaikan dak talang beton yang rembes, cukup Anda beli cairan pelapis tahan air seperti misalnya, Aquaproof, kemudian untuk melakukan pelapisannya dapat Anda baca petunjuk pemakaian yang tertera di kalengnya. Sedangkan bila talang Anda terbuat dari PVC atau seng/zinc, Anda dapat menambal bagian yang bocor dengan gabus putih (Styrofoam) yang telah direndam / dilarutkan dengan bensin seperti yang dapat Anda lihat di artikel terdahulu;


Ketiga jenis perbaikan rumah sendiri tersebut bila dapat Anda kerjakan tentunya akan dapat menghemat uang kita dalam jangka panjang ditambah lagi rasa kepuasan dan kebanggaan pribadi yang tentunya tak ternilai harganya.



3 Jenis Perbaikan Rumah Sendiri Yang Harus Diketahui Pemilik Rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar