Selasa, 13 Agustus 2013

Cara Membuat Ruangan Terasa Sejuk, Efisien dan Hemat Biaya

Kenyamanan dalam menghuni sebuah rumah tentunya tidak terlepas dari bagaimana upaya dan cara membuat ruangan terasa sejuk. Apalah artinya rumah yang dibangun dengan biaya mahal dan dengan ruang yang indah nan megah namun tidak nyaman digunakan.


cara membuat ruangan terasa sejuk mitralka Ya.. terkadang kita menemui atau mengalami berada di dalam sebuah ruangan yang hawanya terasa panas sekali sehingga kita tidak merasa betah berlama-lama didalamnya, hal ini tentu akan sangat mengganggu jika yang dimaksud adalah ruang kerja, ruang tidur, ruang belajar atau ruangan lainnya yang mengharuskan kita untuk berlama-lama berada didalamnya untuk dapat mengerjakan aktifitas sehari-hari.


Kondisi seperti ini sebaiknya segera diatasi agar aktifitas di dalam ruangan bisa kembali berjalan normal. Ada banyak cara membuat ruangan terasa sejuk dan tidak terasa panas, berikut ini beberapa alternatif yang bisa dilakukan;


Cara Membuat Ruangan Terasa Sejuk Namun Efisien dan Hemat Biaya


Cara yang umum tentunya kita sudah tahu yaitu, dengan menggunakan perangkat AC (Air Conditioner) yang merupakan teknologi pendingin ruangan populer abad ini. Namun tentunya harus diimbangi pula dengan pengeluaran biaya rumah tangga yang lebih besar karena perangkat AC juga mengkonsumsi listrik yang cukup besar.


Cara membuat ruangan terasa sejuk lainnya yang lebih efisien sebetulnya dapat dilakukan sejak awal, yaitu pada saat pelaksanaan bangun rumah, atau ketika melakukan renovasi rumah dan perbaikan rumah, seperti berikut di bawah ini;


Meninggikan langit-langit ruangan (plafond) atau meninggikan atap rumah, jika terlalu pendek akan terasa panas dan pengap karena udara di bagian atas antara langit-langit dan atap tidak dapat bersirkulasi dengan lancar untuk mengeluarkan udara panas yang terjebak di dalamnya.


Menggunakan material bangunan yang bersifat dingin dan sejuk, misalnya untuk bagian atap,  atap genteng lebih sejuk dibanding atap asbes, plafond triplek akan terasa lebih panas dibanding plafond gypsum, dinding yang terbuat dari keramik atau marmer juga akan terasa lebih sejuk dibanding dinding yang difinishing dengan cat, lantai marmer akan lebih sejuk dibanding lantai kayu, dan sebagainya.


Memperbanyak dan memperlebar area ventilasi, bisa berupa jendela yang dipasang didinding dan jika tidak memungkinkan untuk memasangnya maka bisa membuat kisi-kisi atau sepoi-sepoi di atap rumah.


Membuat semacam kolam ikan atau taman air sebagai aksesoris maupun aksen interior didalam ruangan, suara percikan air akan memberikan nuansa kesejukan, uap air juga membuat udara didalam ruangan tidak terasa kering.


Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan, karena pada siang hari tumbuhan dapat merubah gas karbondioksida menjadi oksigen yang sangat dibutuhkan manusia, tetapi pada malam hari tumbuhan sebaliknya akanberganti menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, oleh karena itu sebaiknya tanaman hias diletakan di luar ruangan pada saat malam hari.


Memasang exhaust fan atau kipas angin untuk membantu pergantian atau sirkulasi udara, dengan pergantian udara yang lancar diharapkan akan dapat menjaga kesejukan ruangan.


Demikian beberapa cara membuat ruangan terasa sejuk yang mungkin dilakukan agar ruangan tidak panas dan tetap terasa sejuk hingga dapat mendukung kenyamanan dalam aktifitas sehari-hari di dalam rumah.


Sumber: Dari berbagai sumber


Mitralka | Jasa renovasi rumah, bangun rumah dan perbaikan rumah


Cara membuat ruangan terasa sejuk



Cara Membuat Ruangan Terasa Sejuk, Efisien dan Hemat Biaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar